Browse: Home / / POLITIK RESIPROSITAS “KONTESTASI KEARIFAN DAN MANIPULASI LOKAL DI SUKU WEWEWA SUMBA BARAT DAYA”

POLITIK RESIPROSITAS “KONTESTASI KEARIFAN DAN MANIPULASI LOKAL DI SUKU WEWEWA SUMBA BARAT DAYA”


ABSTRACT: Reciprocity in death kedde traditional ceremony at Wewewa ethnic group in South West Sumba is a tradition that forms and glues the social relations in a collective life. The ceremony is implemented in a contestation which in it consists of wisdom and manipulation. However, reciprocity at a death kedde ceremony becomes the soul or spirit of the community, as the presence of people can be measured or seen from such traditional ceremony. And indeed, such reason makes reciprocity at death kedde ceremony has remain been maintained to date. This thesis would like to see the political games behind the reciprocity at death kedde ceremony. It is significant to do since by understanding the reasons behind the festivity, we will be more opened up to comprehend the culture of Wewewa ethnic group. The research had been conducted during February-July 2011 at Wali Ate Village, South West Sumba District (Regency) by applying participant observation and interview methods through which the researcher involved in funeral ceremony and interviewed the doers of reciprocity and those who know well about the culture. By so doing, the researcher directly involved and experienced the reciprocity ceremony at death kedde as the main research focus. The results of the research shows that death kedde in itself has no single objective but various ones, and each group of kedde procession may has its own objectives depend on their interests and what they like to struggle for with the kedde festivity. In such context, death kedde may bring objectives not only to help the mourning family or as the expression of solidarity and condolence, but also as a way or strategy to maintain as well as to promote social status. Or, it can be said that both objectives are in a calculation of a kedde procession group: To help the mourning family as well as to gain self-popularity. In means that wisdom and manipulation are able to run together and at the same also able to contest t each other. The questions are: What is the meaning of a prestige and high social status? What kinds of special previleges can be gained by such high social status? DOWNLOAD DISINI

INTISARI: Resiprositas pada kedde kematian di Suku Wewewa Sumba Barat Daya merupakan sebuah tradisi yang membentuk dan merekatkan ikatan-ikatan sosial dalam kehidupan bersama. Penyelenggaraan kedde kematian itu berada dalam sebuah kontestasi yang di dalamnya terkandung kearifan dan manipulasi. Kendatipun demikian, resiprositas pada kedde kematian menjadi semacam nyawa atau spirit masyarakat, karena kehadiran diri mereka bisa diukur atau dilihat dari upacara adat seperti itu. Justru alasan ini pula yang membuat mengapa resiprositas pada upacara kedde kematian sampai sekarang masih tetap dipertahankan. Tulisan ini mau melihat permainan politik yang ada di balik resiprositas pada kedde kematian. Ini menjadi penting kerena dengan mengetahui alasan di balik kemeriahan itu, kita semakin terbuka dalam memahami
budaya Suku Wewewa. Penelitian yang berlangsung dari bulan Februari sampai Juli, 2011 di Desa Wali Ate, Kabupaten Sumba Barat Daya ini menggunakan metode observasi partisipasi (participant observation) dan wawancara (interview). Dengan observasi partisipasi dan wawancara, peneliti terlibat dalam upacara pemakaman dan mewawancarai para pelaku resiprositas serta orang-orang yang mengenal baik budaya resiprositas itu. Dengan metode ini, penulis terlibat langsung dan mengalami upacara resiprositas pada kedde kematian yang menjadi fokus penelitian Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedde kematian pada dirinya sendiri tidak mempunyai tujuan tunggal. Resiprositas pada kedde kematian mempunyai aneka tujuan dan setiap rombongan kedde masing-masing bisa mempunyai tujuan sendiri tergantung kepentingan dan apa yang akan diperjuangkan dalam acara kedde tersebut. Dalam konteks ini kedde kematian bisa bertujuan untuk membantu keluarga yang berduka, sebagai ungkapan solidaritas dan belasungkawa tetapi juga sebagai sebuah cara dan strategi untuk menjaga, mempertahankan dan menaikkan status sosial. Atau bisa juga kedua tujuan ini masuk dalam perhitungan sebuah rombongan kedde yakni sekaligus membantu dan mencari popularitas diri. Kearifan dan manupulasi bisa berjalan dan berkontestasi dalam satu moment. Soalnya adalah apa arti sebuah gengsi dan status sosial yang tinggi bagi seseorang? Hak-hak khusus apa yang didapat dengan adanya status sosial yang tinggi itu?