Browse: Home / / Media Konsultasi Reparasi Kerusakan Handphone Dengan Menggunakan Pohon Keputusan And Or

Media Konsultasi Reparasi Kerusakan Handphone Dengan Menggunakan Pohon Keputusan And Or

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan mengembangkan sistem pakar yang membantu pada teknisi dalam mereparasi kerusakan pada handohone. Jenis handphone dibatasi pada handphone Nokia non poliponik seperti 3310, 3315, 3330, 3350, dan 8310. 
Pengetahuan yang digunakan dalam mengembangkan sistem ini bersumber dari pakar yakni para teknisi dan sumber-sumber tertulis lainnya. Pengetahuan yang telah dikumpulkan disajikan dalam bentuk aturan  if-then yang mewaliki pohon keputusan And-Or. Metode inferensi menggunakan penalaran balik. Untuk mengatasi konflik resolusi maka dilakukan pengurutan aturan di dalam memori verja berdasarkan jumlah premis. 
Hasil dari penelitian ini berupa sebuah program yang memuat dialog interaktif antara pengguna/teknisi dengan sistem pakar. Teknisi dipandu oleh sistem untuk melakukan langkah-langkah pengecekan kerusakan handphone dan solusi untuk kerusaknnya. Tingkat keyakinan teknisi dalam menjawab pernyataan dari sistem dinyatakan dengan hasil pengukuran.  
Kata Kunci: Sistem Pakar, reparasi, handphone, penalaran balik, konflik resolusi