Browse: Home / / Fungsi dan peran Taman Penitipan Anak dalam pendidikan anak usia dini Kota Yogyakarta

Fungsi dan peran Taman Penitipan Anak dalam pendidikan anak usia dini Kota Yogyakarta


ABSTRACT : The development of human resources can be done through education. One of the government policies is the recognition of the Early Age Education Programme (Pendidikan Anak Usia Dini—PAUD). It is an educational programme provided for children from 0-6 years old and to prepare them for attending elementary school. One of the non-formal educational institutions for early children is the Child Day Care Center (Taman Penitipan Anak—TPA). It can be expected that the programme could provide the early age children with sufficient education as one of the efforts in realizing the education-related goal of Yogyakarta City. The purpose of the study is to describe and to explore TPA in Yogyakarta City, questioning whether is good for developing the potentials of spiritual, intellectual, emotional, and social intelligences of children. The study used a descriptive qualitative method wit h deductive approach. It is to describe what and how the real activities of a number of TPAs. City. Data were collected by using three techniques: (1) field observations, (2) interviews with key informants, and (3) secondary data from relevant offices. Qua litative method was used to explain the findings of study. Analysis was done on three issues: (1) internal function and role of TPA, (2) external function and role of TPA, and, (3) the existence of TPA in PAUD for supporting the realization of the education-related goal of Yogyakarta City. The Reseach indicates that (1) TPAs served as facilitations for children education and welfare; (2) they performed key roles as the substitutes of family during children in TPA; (3) the roles in PAUD were externally minimal; and (4) educational programs in TPAs referred to the context of PAUD, so they could support the realization of quality education performance. Keywords: Role TPA, PAUD

INTISARI : Pembangunan Sumber Daya Manusia salah satunya adalah melalui pendidikan. Salah satu kebijakan pemerintah adalah diakuinya Pendidikan Anak Usia Dini. Pendidikan Anak Usia Dini yang dikenal dengan PAUD adalah pendidikan yang diberikan kepada anak usia 0 sampai dengan 6 tahun untuk mempersiapkan anak memasuki jenjang pendidikan dasar. Lembaga pendidikan bagi anak usia dini melalui jalur non formal salah satunya adalah Taman Penitipan Anak atau TPA. Taman Penitipan Anak yang ada di Kota Yogyakarta diharapkan dapat berfungsi dan berperan dalam memberikan pendidikan kepada anak usia dini, sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan tujuan pendidikan Kota Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menunjukkan peran dan fungsi TPA di Kota Yogyakarta lebih khusus, penelitian ini mempertanyakan efektifitas TPA apakah dapat membangun landasan bagi berkembangnya potensi kecerdasan spir itual, intelektual, emosional dan sosial anak didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-kualitatif dengan pendekatan deduktif. Metode ini digunakan untuk memberikan gambaran atau uraian yang jelas tentang apa dan bagaimana kegiatan nyata dari sejumlah TPA yang diteliti dalam konteks PAUD dan untuk menunjukkan fungsi dan peran TPA. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara, yaitu : (1) pengamatan di lapangan, (2) wawancara dengan narasumber, dan(3) data sekunder dari instansi terkait. Metode kualitatif digunakan untuk menjelaskan temuan dari kajian terhadap variabel yang diteliti. Sedangkan analisis yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi tiga hal, yaitu : (1) fungsi dan peran internal Taman Penitipan Anak, (2) fun gsi dan peran eksternal Taman Penitipan Anak, (3) eksistensi TPA dalam PAUD untuk mendukung terwujudnya tujuan pendidikan Kota Yogyakarta. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Taman Penitipan Anak telah berfungsi sebagai wahana pendidikan dan kesejahteraa n anak. (2) Taman Penitipan Anak telah menjalankan perannya sebagai pengganti keluarga selama anak dititipkan di TPA.(3) Peran TPA dalam PAUD secara eksternal masih kecil. (4) program pendidikan di TPA telah mengacu pada konteks Pendidikan Anak Usia Dini s ehingga dapat mendukung terwujudnya pendidikan yang berkualitas. DOWNLOAD KLIK DISINI