Browse: Home / / KEHAMILAN REMAJA DI AMERIKA SERIKAT: Penyebab, Dampak dan Upaya Pencegahannya

KEHAMILAN REMAJA DI AMERIKA SERIKAT: Penyebab, Dampak dan Upaya Pencegahannya


ABSTRACT: Teenage pregnancy is a complex issue at the United States of America. The rates decline in 2006 but increase in 2007. This research aimed to know the causes, impact and prevention of teenage pregnancy at the United States. The approach used in this research is interdisciplinary approach using politics, cultural, economics, psychological and social theories. The data were obtained from library and internet. This research also used films and some literary works as a mental evidence to discuss the problem. Based on the result, there are four factors cause teenage pregnancy in the United States of America, i.e. cultural, economic, social and psychological. Pop culture and the effect of media and free sex is a cultural factor. Social factor include family, peer-group, alcohol and drugs, and sexual harassment or rape. Psychological factor discuss about teenage as a growth individual. Poverty relates to economics factor. Federal arranges some prevention program to cope teenage pregnancy in America such as Comprehensive Sexual Education, Abstinence-Only Education and Youth Program.

INTISARI: Kehamilan remaja adalah permasalahan yang kompleks di Amerika Serikat. Meskipun tingkat kehamilan remaja mulai menurun pada tahun 2006 namun terjadi peningkatan kembali pada tahun 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab, dampak dan solusi permasalahan kehamilan remaja di Amerika Serikat. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan interdisipliner dengan menggunakan teori politik, budaya, ekonomi, psikologi dan sosial. Data diperoleh dari studi pustaka dan bahan
dari internet. Penelitian ini juga menggunakan film dan beberapa karya sastra sebagai bukti mental dalam pembahasan permasalahan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan empat faktor penyebab kehamilan remaja di Amerika Serikat meliputi faktor budaya, ekonomi, sosial dan psikologi. Penyebab dari faktor budaya adalah budaya populer, dan pengaruh media dan seks bebas , faktor sosial meliputi keluarga, teman sebaya, alkohol dan obat-obatan terlarang dan pelecehan seksual atau perkosaan. Faktor psikologi berkaitan dengan remaja sebagai individu yang masih berkembang dan untuk faktor ekonomi mengarah pada kemiskinan. Solusi untuk mencegah masalah kehamilan remaja di Amerika Serikat berasal dari pemerintah federal. Pemerintah membuat kebijakan publik berupa pendidikan seks komprehensif, pendidikan berpantang dan program kepemudaan.