Browse: Home / / Musik pendidikan dalam pengembangan memori kosakata Bahasa Inggris anak

Musik pendidikan dalam pengembangan memori kosakata Bahasa Inggris anak


ABSTRACT : The aim of this research is to study the factor of music in education training on vocabulary memory of preschool student. Twenty children, with age-range from 5,0 – 6,5 years were involved in this research. They were clssified into the experimental group and control group that each consisted of 10 children. The research is an experimental study using music in education training as its independent variable and vocabulary memory as its dependent one. The intelligence of the two groups which tested by WISC not different and the pretest result on vocabulary memory before treatment were not different too. The researcher used one way analysis of variance to analyze the data. Computerized statistic showed that experimental group and control group had an effective difference at the end of the experiment. The result of this research showed that there were significance differences on vocabulary memory bettween control and experimental group.

INTISARI : Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor pengaruh musik pendidikan terhadap pengembangan memori kosakata bahasa Inggris anak. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 20 siswa TK B berusia 5,0 – 6,5 tahun. Subjek dikelompokkan dalam kelompok kontrol 10 anak dan kelompok eksperimen 10 anak. Penelitian eksperimen ini menggunakan lagu-lagu anak berbahasa Inggris sebagai variabel independen dan kemampuan mengingat kosakata bahasa Inggris sebagai variabel dependen. Inteligensi kedua kelompok dari hasil Tes WISC tidak berbeda demikian pula pretes kemampuan mengingat kosakata bahasa Inggris menunjukkan tidak ada perbedaan antara kedua kelompok. Oleh karena itu peneliti melakukan analisis dengan menggunakan analisis variansi-1 jalur. Hasil perhitungan statistik setelah eksperimen menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang efektif pada kemampuan mengingat kosakata bahasa Inggris anak antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan mengingat kosakata bahasa Inggris anak antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.