ABSTRACT :
The aim of this research is to study the factor of music in education
training on vocabulary memory of preschool student. Twenty children,
with age-range from 5,0 – 6,5 years were involved in this research. They
were clssified into the experimental group and control group that each
consisted of 10 children. The research is an experimental study using
music in education training as its independent variable and vocabulary
memory as its dependent one. The intelligence of the two groups which
tested by WISC not different and the pretest result on vocabulary memory
before treatment were not different too. The researcher used one way
analysis of variance to analyze the data. Computerized statistic showed
that experimental group and control group had an effective difference at
the end of the experiment. The result of this research showed that
there were significance differences on vocabulary memory bettween
control and experimental group.
INTISARI :
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor pengaruh musik pendidikan
terhadap pengembangan memori kosakata bahasa Inggris anak. Subjek dalam
penelitian ini terdiri dari 20 siswa TK B berusia 5,0 – 6,5 tahun.
Subjek dikelompokkan dalam kelompok kontrol 10 anak dan kelompok
eksperimen 10 anak. Penelitian eksperimen ini menggunakan lagu-lagu anak
berbahasa Inggris sebagai variabel independen dan kemampuan mengingat
kosakata bahasa Inggris sebagai variabel dependen. Inteligensi kedua
kelompok dari hasil Tes WISC tidak berbeda demikian pula pretes
kemampuan mengingat kosakata bahasa Inggris menunjukkan tidak ada
perbedaan antara kedua kelompok. Oleh karena itu peneliti melakukan
analisis dengan menggunakan analisis variansi-1 jalur. Hasil perhitungan
statistik setelah eksperimen menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang
efektif pada kemampuan mengingat kosakata bahasa Inggris anak antara
kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan
mengingat kosakata bahasa Inggris anak antara kelompok eksperimen dan
kelompok kontrol.